Work

Senin, 02 Desember 2013

Sepekan Terakhir, Rupiah Melemah ke Posisi 271 Poin


Financeroll – Sepanjang pekan lalu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah 2,31%. Tidak suksesnya pencapaian target lelang obligasi menjadi salah satu pemicunya. Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), dalam sepekan terakhir rupiah melemah 271 poin (2,31%) ke posisi Rp 11.977 per 29 November 2013 dibandingkan akhir pekan sebelumya, 22 November di level Rp 11.706 per dolar AS.

Laju nilai tukar rupiah masih dalam tren melemah dalam sepekan terakhir. Mulai pulihnya kondisi ekonomi AS ternyata tidak sepenuhnya memberikan imbas positif. Tengok bagaimana laju dolar AS yang terus mengalami kenaikan dan laju rupiah pun mau tidak mau terlibas dengan kondisi tersebut. Pelemahan rupiah juga seiring laju pelemahan hard currency lainnya di awal pekan.
Selain itu, setelah dirilis penurunan BBA mortgage approvals. Begitu juga dengan pelemahan euro dan yuan China seiring bank sentral masing-masing yang masih ingin mempertahankan suku bunga rendahnya. Semua itu, membuat laju rupiah terperangkap dalam pelemahannya.

Pergerakan laju dolar AS memang sempat mengalami pelemahan dibandingkan dengan mata uang yen Jepang pasca rilis komentar beberapa pejabat Bank of Japan (BoJ) yang mengatakan masih adanya risiko dan ketidakpastian pada ekonomi Jepang. Namun demikian, tetap saja rupiah bergerak melemah.

Sentimen positif dari terapresiasinya euro setelah People’s Bank of China (PBoC) mengangap pentingnya mengatur cadangan devisa dalam bentuk Euro juga tidak berpengaruh pada pelemahan rupiah. Lalu, tidak tercapainya target lelang obligasi Pemerintah dalam bentuk dolar AS turut menekan rupiah. Pemerintah menargetkan lelang dapat tercapai senilai USD 450 juta, namun yang tercapai hanya USD 190 juta.

Rilis data-data AS yang terus menunjukkan perbaikan membuat sentimen tappering off stimulus The Fed semakin besar. Akibatnya, permintaan dolar AS terus mengalami kenaikan dan berimbas pada pelemahan nilai tukar rupiah.

Related PostsDalam Sepekan, Rupiah Melemah 145 PoinAwal Pekan, Rupiah Diperkirakan Bergerak di Kisaran Rp 11.685-11.727 / USDRupiah Diperkirakan Bergerak di Kisaran Rp 11.712-11.745 / USD Sepekan Terakhir, IHSG Tertekan 141,27 PoinSepekan Terakhir, IHSG Melemah Tipis Rupiah Ditutup Melemah di Posisi Rp 11.730 / USD